You are currently viewing 3 Tugas Administrasi Marketing pada Perusahaan Bisnis 

3 Tugas Administrasi Marketing pada Perusahaan Bisnis 

  • Post author:
  • Post category:Bisnis

Marketing administrator merupakan orang yang bertanggung jawab dalam operasi pemasaran. Sehingga tugas administrasi marketing berfokus pada promosi produk dan layanan perusahaan untuk meningkatkan brand awareness. 

Apa Saja Tugas Administrasi Marketing ?

Administrasi marketing biasanya juga dibutuhkan untuk memberikan bantuan kepada tim kreatif dalam perancangan iklan dan materi pemasaran. Banyak tanggung jawab dibebankan kepada admin pemasaran, 3 diantaranya dijelaskan berikut ini. 

1. Melakukan Riset Pasar

Seorang Bisnisman harus Riset pasar yang mana mulainya  dilakukan sebelum meluncurkan produk ke masyarakat. Tujuannya untuk mengetahui apa yang dibutuhkan manusia sekarang ini agar solusi bisa dihadirkan melalui produk tersebut. Juga melihat tren terkini di pasar serta mencari tahu kebutuhan para pelanggan. 

Hasil riset memudahkan tim pemasaran dalam merencanakan produk, membuat rancangan kampanye promosi. Karena itu, dilakukan pengumpulan data terlebih dahulu secara mandiri atau bersama anggota tim. Biasanya melalui survei, laporan bisnis atau focus group discussion. 

2. Menangani Dokumen Penjualan

Admin marketing identik dengan admin penjualan sehingga aktivitasnya tidak jauh dari hal-hal berkaitan dengan penjualan produk. Menangani dokumen penjualan seperti nota, faktur penjualan tunai dan tagihan merupakan salah satu tugas administrasi marketing

3 Tugas Administrasi Marketing pada Perusahaan Bisnis 

Penanganan biaya operasional juga sering dilakukan oleh administrasi marketing  seperti membuat rencana biaya mingguan dan bulanan. Data penjualan dimasukkan ke dalam laporan berisi laporan penjualan dan berbagai potongan harga, data distribusi barang serta jumlah  barang terjual. 

3. Merancang dan Mengaplikasikan Strategi Pemasaran

Perencanaan hingga penerapan strategi pemasaran pun dilakukan oleh administrasi marketing. Profesi ini menuntut Anda untuk membuat sekaligus memperbaiki brand image perusahaan sambil menjangkau konsumen baru. Pekerjaan ini tidak mudah, namun bisa dilakukan bersama tim marketing.

Seringkali administrator ditugaskan untuk membuat perkiraan budget yang akan digunakan pada strategi pemasaran. Tak jarang juga memiliki kewajiban membantu tim public relations dalam menyampaikan materi pemasaran serta citra brand positif sesuai peraturan perusahaan. 

Demikian penjabaran tugas administrasi marketing utama dijalankan di divisi marketing perusahaan. Supaya semua tugas dan tanggung jawab dijalankan dengan baik dibutuhkan sejumlah skill seperti kemampuan riset pasar, mengoperasikan MS Office dan skill komunikasi secara verbal maupun non verbal.