You are currently viewing Prosedur atau tahap penelitian disebut juga dengan?

Prosedur atau tahap penelitian disebut juga dengan?

  • Post author:
  • Post category:Tips

Prosedur atau tahap penelitian disebut juga dengan metedologi penelitian. Kenapa bisa begitu? Karena dalam penulisan karya ilmiah harus sesuai dengan prosedur, mulai dari persiapan hingga proses pelaporan. Saat ini, ada banyak pilihan metode yang bisa Anda gunakan.

Prosedur atau tahap penelitian disebut juga dengan?

Metodologi penelitian merupakan metode yang sudah disusun secara teratur dan akan digunakan seseorang untuk mengumpulkan data dalam pembuatan karya ilmiah. Teknik ini akan lebih baik apabila disesuaikan dengan objek atau subjeknya.

Teknik ini berisi tahapan penelitian mulai dari persiapan, pengelolahan, penentuan sumber data dan yang terakhir pelaporan. Sedangkan manfaat dari metodologi ini yaitu kesimpulannya dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan.

Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa prosedur atau tahap penelitian disebut juga dengan metode penelitian, karena dalam tekniknya terdapat beberapa tahap yaitu persiapan, pengelolahan dan pelaporan.

Jenis-Jenis Metodologi Penelitian

Metodologi pertama yang sering digunakan masyarakat Indonesia yaitu survei. Penelitian ini disusun dalam bentuk opini dan dimanfaatkan untuk membuat gambaran umum melalui sebuah sampel dari beberapa orang.

Kuantitatif merupakan metode yang dilakukan secara berurutan dengan menggunakan model-model bersifat matematis. Untuk hipotesis yang digunakan umumnya berkaitan dengan fenomena alam. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini bersifat objektif dan analitis.

Apa Itu Karya Ilmiah?

menurut gokemedia.com Karya ilmiah adalah sebuah kegiatan meneliti kemudian hasilnya akan dituangkan dalam bentuk tulisan dan harus dilakukan secara sistematis berdasarkan kaidah yang berlaku. Maka dari itu isinya harus memuat informasi dari pengamatan.

Dalam penulisan karya ilmiah ada hal-hal yang perlu diperhatikan seperti sistematika, tata bahasa, metedologi, dan teori yang dipakai. Umumnya terdapat empat unsur penting yang terdiri dari pendahuluan, pembahasan, kesimpulan dan studi pustaka.

Penulisan karya ilmiah memiliki tujuan yaitu sebagai wahana transformasi pengetahuan antar sekolah, melatih kemampuan dasar seseorang dalam kegiatan penelitian, sebagai bahan untuk membuktikan pengetahuan.

Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa prosedur atau tahap penelitian disebut juga dengan metedologi penelitian. Karena dalam tekniknya terdapat beberapa tahap yaitu persiapan, pengelolahan dan pelaporan.